Lompat ke isi utama
x
Peserta Dialog Lintas Agama

Dialog Lintas Agama Kemenag Bantul Memupuk Kerukunan Umat

Bantul (Kankemenag) - Manusia sebagai mahluk sosial, seneng tetulung, hidup berdampingan rukun damai, tetapi dinamika kehidupan, yang meliputi dinamika politik, sosial ekonomi, lebih-lebih agama, tidak jarang menyulut kedamaian menjadi sebuah gesekan. Tanggungjawab dalam pembinaan kehidupan beragama tidak dapat semata-mata dipikulkan kepada pemerintah. Umat beragama sendirilah yang pertama-tama dan terutama harus memikul tanggungjawab itu.

Demikian diungkap Kepala Kantor Kemenag Bantul Drs. H. Buchori Muslim, M.Pd.I pada dialog lintas agama, Selasa (23/7) bertempat di GPC Karangtengah Imogiri yang dihadiri Camat Imogiri beserta forkompinca, lurah desa se-Imogiri dan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kecamatan Imogiri.

Lebih lanjut Buchori Muslim menegaskan pemerintah lebih banyak berperan sebagai kekuatan penunjang, dan memberikan kesempatan agar pelaksanaan ibadah dan amalan agama itu dapat berjalan dengan aman, damai, lancar, tenang dan tenteram.

Hadir selaku narasumber dalam dialog ini ketua FKUB Kabupaten Bantul Drs. H. Yasmuri, M.Pd menegaskan perbedaan suku, agama, adat istiadat, aliran dan tradisi adalah kenyataan yang tak dapat dihindari, tapi harus menjadi sumber kekuatan untuk keutuhan NKRI, bukan sebaliknya menjadi sumber disintregasi. (Jojo)