Lompat ke isi utama
x

FGD KUB Kabupaten Bantul Peran Tokoh Agama Menjadi Kunci Kerukunan Umat Beragama

Bantul (Kankemenag) - Peran tokoh agama dan tokoh masyarakat  menjadi kunci kerukunan umat beragama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Demikian disampaikan kepala kantor wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I Senin (29/4) dalam forum focus group discussion (FGD) kerukunan umat beragama Kabupaten Bantul bertempat di rumah dinas Bupati Bantul, Trirenggo Bantul.

"Tokoh agama dan tokoh masyarakat diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada umat masing-masing tentang pentingnya ajaran agama dalam membangun kerjasama, persaudaraan dan kebersamaan, menjadi tokoh panutan dan tokoh kunci falam melakukan rekonsiliasi atas konflik sosial/agama yang terjadi, serta menjadi pengayom dan mediasi dari pihak-pihak yang berkonflik", tegas Edhi Gunawan.

Bupati Bantul Drs. H. Suharsono saat membuka acara mengemukakan kerukunan umat beragama memiliki relevansi positif yang kuat terhadap pembangunan, semakin rukun suatu masyarakat semakin cepat pembangunan dapat dilakukan. Oleh karenanya memelihara kerukunan menjadi keniscayaan dan kebutuhan bersama.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Bantul Drs. H. Buchori Muslim, M.Pd.I selaku penyelenggara melaporkan FGD kerukunan umat beragama diikuti dewan penasehat FKUB, forkompinda, OPD terkait, Camat, kepala KUA, serta pengurus FKUB Kabupaten dan Kecamatan bertujuan sebagai sarana silaturrahmi, dialog dan diskusi pengurus FKUB dengan dengan dewan penasehat FKUB dan OPD terkait, serta penguatan peran tokoh agama dalam membina kerukunan antar umat beragama. (Jojo)