Lompat ke isi utama
x
guru bk

Guru BK MTsN 6 Bantul Isi Pelatihan Pembuatan Media Layanan Bimbingan Konseling

Bantul (MTsN 6) – Penerapan sistem pembelajaran berbasis online di sekolah akibat dampak penyebaran Covid 19 di sebagian besar wilayah Indonesia masih tetap dilaksanakan hingga jangka waktu yang belum dapat ditentukan. Guru sebagai ujung tombak jalannya proses pendidikan dituntut untuk dapat memberikan pembelajaran kepada siswa menyesuaikan kondisi yang ada.

Beragam tehnik modifikasi materi pelajaran telah diterapkan dengan mengedepankan kemudahan buat siswa dalam memahami dan mengakses materi yang disampaikan. Begitu pula yang di upayakan oleh seluruh guru bimbingan konseling di kabupaten Bantul.

Sebagai guru yang bertugas mengawal peserta didik menjadi siswa yang mandiri, guru bimbingan konseling di kabupaten Bantul telah bertekad untuk meningkatkan kualitas pemberian layanan konseling dengan menyusun media layanan BK berbasis online. Realisasi dari tekad tersebut adalah bertempat di MTsN 5 Bantul, pada Selasa (21/0/2020) dilaksanakan pelatihan pembuatan media layanan BK melalui aplikasi konten YouTube.

Drs. Tavif Raharja, Kepala MTsN 5 Bantul yang hadir dan membuka kegiatan menyampaikan harapannya. “Semoga dengan adanya pelatihan pembuatan media layanan BK mampu meningkatkan kinerja guru BK dalam memberikan layanannya kepada peserta didik, sehingga meskipun masa pandemi program BK tetap dapat terlaksana”, kata Tavif dalam sambutannya.

Tampil sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Ritaningsih Sudjoko, M.Pd, koordinator BK dari MTsN 6 Bantul. Dalam materi yang disampaikan, Ritaningsih mengupas langkah-langkah pembuatan media video power point yang dikreasikan ke dalam konten YouTube. Peserta yang hadir berjumlah 25 orang yang berasal dari seluruh madrasah tsanawiyah baik negeri maupun swasta di kabupaten Bantul.

Salah seorang peserta dari MTs Muhammadiyah Kasihan, Wiranti S.Pd mengaku senang dan tertarik dengan materi yang disampaikan. “Saya senang sebab dengan adanya pelatihan ini menambah wawasan saya dalam menyusun media layanan BK di madrasah saya”, ungkap Wiranti penuh semangat. (rt)