Lompat ke isi utama
x
Kompetisi

MTs N 5 Bantul Ikuti Simulasi Final KoSSMI 2021

Bantul (MTs N 5) - Untuk memberi ruang bagi siswa-siswa muslim, baik yang bersekolah di Madrasah, Pesantren, Sekolah umum maupun Homeschooling berlomba dalam suasana kompetisi yang sehat, maka Abak Academy bekerjasama dengan Surya Institute for the Promotion of Science (SIPS) menyelenggarakan Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KoSSMI). Kompetisi ini diharapkan dapat melahirkan calon saintis muslim Indonesia di masa depan. Kelak mereka diharapkan mampu berkontribusi layaknya ilmuwan-ilmuwan muslim di masa lampau yang sangat mempengaruhi perkembangan sains modern.

Mengingat situasi pandemi saat ini, maka KoSSMI 2021 dilaksanakan secara online dengan tiga tahapan, yakni: tahap 1 Babak Penyisihan : Diikuti oleh semua siswa yang mendaftar, tahap 2 Semifinal : Diikuti oleh 100 besar nasional dan tiga besar setiap provinsi dan tahap 3 Final : Diikuti oleh 25 besar nasional dan TERBAIK setiap provinsi.

Alhamduillah MTs N 5 Bantul sebagai salah satu dari empat peserta dari D.I Y yang lolos ke babak final untuk bidang IPA level 3. Tahap penyisihan diikuti oleh hampir 500 peserta. Di tahap berikutnya tersisa 235 peserta. Tahap terakhir akan diikuti tujuh puluh lima siswa. Agar pelaksanaan babak final berjalan lancar, penyelenggara melaksanakan simulasi final KoSSMI pada Sabtu (17/4).

Kepala Madrasah, Drs. Tavif Raharja merasa sangat bersyukur karena dari dua siswa MTs N 5 Bantul yang mengikuti KoSSMI, yakni Yuli Pratama dan Rifki Andrian Pratama, berhasil masuk final satu siswa yaitu Rifki. “Keberhasilan ini tidak lepas dari semangat belajar siswa serta bimbingan dari guru mata pelajaran IPA”. Tandas Tavif Raharja.

Sementara itu, Siti Nur Rohmah, S.Pd, selaku Waka Kesiswaan memberitahukan bahwa babak final akan digelar 25 April mendatang. Di babak terakhir ini nantinya ada limabelas soal dengan rincian sepuluh isian singkat dan lima essay. (Nur)