Lompat ke isi utama
x
Psmp

Pembinaan Rutin Kemenag Bantul Penguatan Moderasi Beragama

Bantul (Kankemenag) - Melalui media zoom meeting, Senin (7/9) Kepala Kantor Kemenag Bantul H. Aidi Johansyah, S.Ag., MM., memberikan pembinaan rutin setiap senin pekan pertama kepada jajaran pejabat struktural, fungsional, kepala madrasah, kepala KUA, pengawas, pokjaluh, pokjahulu. Pembinaan dimaksud disamping sebagai media silaturrahmi di masa pandemi Covid-19, juga penyampaian informasi kedinasan dan kebijakan pimpinan. Hal ini agar adanya persamaan persepsi jajaran pimpinan dalam melaksanakan tugas dan melayani masyarakat sesuai dengan standart operasional prosedur (SOP).

Dalam pembinaannya Aidi Johansyah meminta kepada jajarannya untuk terus berupaya dalam pencegahan persebaran Covid-19 di lingkungan Kantor Kemenag Bantul. Penyerapan anggaran dengan mengalihkan untuk penanganan Covid-19 sesuai dengan kebutuhan masing-masing satker. Disampaikan pula dalam mensikapi adanya isue-isue radikalisme yang mengarah distoleransi, disharmoni antar umat beragama. "Sebagai ASN dituntut untuk memiliki ilmu dan wawasan yang luas, dengan moderasi beragama akan memiliki pemahaman agama dan mengamalkannya secara bijak. Memahami adanya perbedaan, mengembangkan toleransi sehingga akan tercipta kerukunan antar umat beragama", ujarnya.

Sejalan dengan pembinaan kepala kantor, dalam meeting ini Kasubag TU H. Basori Alwi, S.AG., MA menyampaikan sosialisasi tentang moderasi beragama. NKRI memiliki keanekaraman suku, budaya, bahasa maupun agama. Kewajiban warga negara untuk merawat kebhinekaan tersebut sehingga tetap terjaga kesatuan dan persatuan bangsa. Untuk itu perlu penguatan moderasi beragama, yakni toleransi kemauan dan kemampuan menghormati perbedaan dalam keyakinan, memberikan ruang orang lain dalam meyakini dan mengamalkan ajaran agama masing-masing. (Jojo)