Lompat ke isi utama
x
Penyuluh teladan Kabupaten Bantul

Kakan Kemenag Bantul Kukuhkan Penyuluh Teladan PNS dan Non PNS

Bantul ( Kankemenag) - Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) PNS dan Non PNS sebagai ujung tombak Kementerian Agama merupakan corong Pemerintah dalam menyampaikan berbagai informasi, hukum, pengetahuan, trending topik dan berbagai issue yang sedang berkembang di masyarakat. Oleh sebab itu, diharapkan penyuluh agama harus terus belajar dan mengasah kemampuan pada berbagai bidang demikian pesan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul Drs. H. Buchori Muslim, M.Pd.I, Jumat (28/6) dalam sambutannya pada acara pengukuhan penyuluh agama Islam teladan PNS dan Non PNS di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul.

Lebih lanjut Drs. H. Buchori Muslim, M.Pd.I menambahkan bahwa penyuluh agama Islam memiliki tiga fungsi dalam melaksanakan bimbingan pada masyarakat yaitu Informatif dan Edukatif, Konsultasi, dan Advokatif. Kegiatan ini merupakan kegiatan strategis dalam rangka meningkatkan kinerja penyuluh agama Islam, dan saat ini negara masih dalam keadaan multi krisis seperti tingkat kriminalitas yang tinggi dan angka kemiskinan yang sangat memprihatinkan.

Sementara Kepala Seksi Bimas Islam, Dr. Halili, S.Ag., M.Si, memaparkan kegiatan yang diselenggarakan ini menjadi even yang sangat penting bagi seluruh peserta, selain sebagai ajang unjuk kemampuan juga menjadi momen silahturahmi bagi mereka yang selama ini sibuk dalam tugas-tugas masing-masing.

Peserta yang dikukuhkan sebagai juara berjumlah 6 orang yang terdiri dari 3 orang penyuluh PNS dan 3 orang penyuluh Non PNS yaitu untuk kategori PNS : Zusniati Muazah, S.Ag., M.Si (Juara 1), Nur Abadi, S.Ag., M.s.I (juara 2), Mukhlisin Purnomo, S.Th.I (juara 3) Khotimatul Husna, S.Ag. Sedangkan kategori Penyuluh non PNS yaitu : Khotimatul Husna, S.Ag (juara 1), Hindun Zakiyah, S.Ag (Juara 2) dan Arif Yulianto (juara 3)

Para juara mendapatkan uang pembinaan, piagam dan piala dan selanjutnya untuk juara 1 akan mewakili Kabupaten Bantul untuk maju lomba Penyuluh Teladan Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 1 Juli 2019. (Nrd)