Lompat ke isi utama
x
Kepala Kantor Kemenag Bantul Menyampaikan sambutan

Kemenag Bantul Gelar Seminar Nasional Meningkatkan Profesionalitas Guru

Bantul ( Kankemenag) - Berlangsung di Omah Kampung Sewon Bantul guna meningkatkan profesionalitas guru, Selasa (25/6) Kantor Kemenag Bantul bekerja sama dengan Penerbit Erlangga menggelar seminar nasional yang diikuti sejumlah 847 guru Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah.

Kepala Kantor Kemenag Bantul Drs. H. Buchori Muslim, M.Pd.I dalam sambutannya mengutarakan tantangan pengelolaan madrasah ke depan tidak semakin ringan. Di tengah kegelisaan masyarakat seiring perkembangan media sosial berdampak mempengaruhi sikap dan mental anak mengarah pada perbuatan yang tidak baik. Untuk itu madrasah siap pasang badan dengan program unggulan madrasah tahfidz dan madrasah hebat bermartabat, serta senantiasa meningkatkan kualitas kompetensi guru.

Sementara Kasi Mapenda H. Andar Prasetyo, MA mengemukakan akhir-akhir ini kita sering mendengar adanya tindak kekerasan pada guru dalam upaya mendidik siswa dikaitkan dengan Undang-undang Perlindungan Anak. Guru harus berurusan dengan hukum karena dituduh telah melakukan kekerasan terhadap anak baik secara fisik maupun moral, dan melanggar undang-undang perlindungan terhadap anak.

Seminar Nasional mengambil tema “Peningkatan Profesionalitas Guru Tanpa Ancaman Pelanggaran Hukum” dengan narasumber Ketua Komite Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Pusat Dr. Susanto, MA disampaikan pula pembinaan dinas dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama D.I. Yogyakarta Drs. H. Edhi Gunawan,M.Pd.I. (Jojo)