Lompat ke isi utama
x
Rois

Kepala KUA Dlingo Sampaikan Urgensi Moderasi Beragama

Bantul (KUA Dlingo) – Bertempat di rumahnya Wakijo, Kaum Rois Ngenep Terong Dlingo Bantul, Jum’at (11/9) Kepala Kantor Urusan Agama kecamatan Dlingo , Muhammad Hanafi, S.Ag, MSI, mengadakan kunjungan silaturahmi dan menyampaikan pembinaan.

Hadir Kasi Pelayanan desa Terong, Wajar Ali Kakim, S.Kom, Penyuluh Agama, H. Nur Abadi, S.Ag, MSI dan para kaum rois desa Terong. Forum pertemuan rutin Jum’at Kliwon diadakan untuk menjadi media tukar pengalaman antar kaum rois se-desa Terong dan tempat mengasah diri untuk memajukan umat.

Dalam pembinaannya kepala KUA Dlingo menekankan pentingnya semangat belajar bagi seorang muslim, apalagi muslim yang menjadi tokoh masyarakat. Ikhtiar mengkaji dan memaknai agama Islam sebagai rahmatan lil’alamin. Islam hadir untuk memajukan, mencerahkan dan membahagiakan. Dan sebagai langkah awal adalah belajar bersikap moderat dalam beragama, tidak keras atau tidak ekstrim. Mengedepankan kesejukan dan keindahan Islam.

Tugas kaum rois di tengah masyarakat adalah mengayomi, membimbing dan membersamai umat. Banyak sekali dinamika yang muncul ketika berkiprah di tengah masyarakat. “Sebagai tokoh agama yang dituakan, kaum rois mampu menjadi perekat kerukunan umat. Mereka melayani dengan tulus, ikhlas dan penuh dedikasi, jiwa pengabdiannya sudah teruji dan terbukti”, jelasnya. (Han)