Lompat ke isi utama
x
Upacara pembukaan KSM

KSM Kemenag Bantul Memotivasi Budaya Kompetitif Siswa Madrasah

Bantul (Kankemenag) – Sejumlah 506 siswa madrasah, Sabtu (20/7) ikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Bantul berlangsung di MAN 2 Bantul. Jauhar Mukhlis Salistyanta, S.Ag selaku ketua panitia melaporkan KSM diikuti sejumlah 116 siswa MI, 98 siswa MTs, dan 292 siswa MA. Mata pelajaran yang diujikan untuk jenjang MI meliputi Matematika, Sains IPA terintegrasi, jenjang MTS Matematika, IPA dan IPS terintegrasi, sedang jenjang MA Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi.

Kepala Kantor Kemenag Bantul Drs. H. Bukhori Muslim, M.Pd.I saat membuka acara mengemukakan KSM bertujuan meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

Adapun hasil yang diharapkan berkembangnya bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat berkreasi dan mencintai sains; siswa madrasah memiliki motivasi untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama sehingga menjadi yang terbaik di bidangnya; berkembangnya budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah; serta terjaringnya bibit unggul dan berprestasi sebagai calaon penerus ajang kompetisi tingkat internasional. (Jojo)