Lompat ke isi utama
x
kasub Bagian TU Kemenag Bantul menerima tim penilai

KUA Dlingo Bantul Canangkan Program Unggulan Sakinah Bersama Masjid

Bantul (KUA Dlingo) – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul terus berbenah dalam menyiapkan penilaian KUA teladan tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. Kepala Sub Bagian tata Usaha Kantor Kemeng Bantul H. Basori Alwi, S.Ag., MA  Kamis (16/5) saat menerima tim penilai mengutarakan persiapan yang telah dilakukan tidak hanya secara fisik pembangunan gedung/kantor layanan, namun lebih penting lagi peningkatan kelembagaan, SDM, administrasi dan mutu layanan pada masyarakat.

Dihadapan tim penilai Kepala KUA Dlingo Ngatijan, S.Ag memaparkan program unggulan dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan antara lain “Sakinah Bersama Masjid”. Program ini merupakan kerjasama antara KUA Kecamatan Dlingo dengan takmir masjid yang berada wilayah kecamatan dlingo. Salah satu kegiatan program ini adalah pembinaan pengantin yang berada di wilayah masjid baik pembinaan masalah keagamaan maupun pembinaan tentang ekonomi dalam rangka mewujudkan keluarga yang kuat tentang agama dan kuat masalah ekonomi.

Lebih lanjut Ngatijan mengemukakan peran dari KUA adalah dengan memperdayakan penyuluh agama Islam untuk memberikan pembinaan keagamaan sekaligus sebagai mediator antara kelompok binaan dengan pihak lain yang bisa bekerjasama untuk memajukan ekonomi jamaah. Selain mengadakan pembinaan keagamaan dan pembinaan ekonomi peran KUA yang lain dengan memberikan alat untuk kerajinan bambu juga ikut serta dalam mempromosikan lewat media sosial.

“Kami berharap program sakinah bersama masjid ini dapat mewujudkan pernikahan yang sakinah mawaddah wa rahman dan keluarga yang bahagia lahir batin”, tuturnya. (Jojo)