Lompat ke isi utama
x
Nikah

KUA Kecamatan Bantul Memulai Kembali Program KAPERU Pada Masa Pandemi Covid-19

Bantul (KUA Bantul) - Setelah terhenti beberapa bulan akibat wabah pandemi covid-19, KUA Kecamatan Bantul memulai kembali program Kaperu. Kaperu adalah tagname program layanan kerjasama antara Dinas Dukcapil Kabupaten Bantul dengan Kementerian Agama Kabupaten Bantul, berupa pemberian KK dan KTP baru bagi pasangan pengantin baru yang menikah di KUA.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Bantul, Bambang Purwadi Nugroho, SH, MH dan kepala KUA Kecamatan Bantul Samanto, S.Ag, MH menyerahkan langsung dokumen pernikahan dan dokumen kependudukan kepada pasangan pengantin Slamet Ketut Nur Sarjiyanti dan Wiranti Yulianingsih yang menikah di KUA Kecamatan Bantul pada tanggal 30 Juni 2020.

Bambang Purwadi Nugroho menyampaikan bahwa layanan Kaperu adalah bentuk kehadiran negara dalam pelaksanaan perkawinan. Pengantin yang menikah akan langsung mendapatkan dokumen-dokumen pernikahan berupa buku nikah dan kartu nikah serta mendapatkan dokumen kependudukan berupa KTP baru dan KK baru yang sudah terpisah dengan orang tua masing-masing. KK yang didapatkan pengantin baru adalah KK yang sudah mencantumkan suami sebagai kepala keluarga dan istri dalam satu kartu keluarga tersendiri terpisah dari orang tua mereka. (Sam)