Lompat ke isi utama
x
Semar

Nguri – Uri Budaya Jawa Siswa MTs N 4 Bantul Menyampaikan Pesan Pencegahan Covid-19 dengan Wayang

BANTUL ( MTs N 4 Bantul ) – Di tengah-tengah pandemic covid-19 yang belum mereda ini untuk melestarikan budaya jawa , siswa MTs N 4 Bantul menyampaikan pesan cara mencegah penyebaran covid – 19 dengan menggunakan gambar wayang saat pembelajaran Bahasa Jawa ,Kamis (23/04/2020 ) Para siswa menggambar tokoh wayang kemudian menuliskan pesan cara untuk mencegah covid – 19 sesuai kreativitas mereka masing – masing.

Mereka masing – masing menggambar tokoh wayang yang mereka kenal kemudian menuliskan pesannya dengan menggunakan bahasa Jawa dan huruf Jawa . Salah satunya Dea Aprilia kelas IX. H , Dia memilih menggambar tokoh wayang Ki Lurah Semar kemudian menuliskan pesannya dengan bahasa Jawa “ Mboten sah mudik ten griyo mawon “ yang artinya tidak usah mudik di rumah saja. Kemudian ditulis dengan huruf jawa di bawahnya. “ Kami memang selalu membiasakan agar para siswa berkreasi mandiri , dengan demikian kita dapat menemukan bakat mereka masing – masing. “ Ujar Siti Solichah selaku Kepala Madrasah menanggapi hal tersebut.

Wijiyati, S.Pd selaku guru bahasa Jawa sangat mengapresiasi hasil tugas para siswanya. “ Saya sangat bangga dengan hasil tugas para siswa. Mereka mampu berkreasi mandiri dalam pembelajaran online ini.” Tegas Wijiyati. Hasil tugas selanjutnya akan dijadikan kliping dan disimpan di perpustakaan MTs N 4 Bantul sebagai bahan bacaan dan sumber belajar. (rtm ).