Lompat ke isi utama
x
Pembinaan

Pembinaan Mental Spiritual Calon Jemaah Haji Kecamatan Kretek

Bantul (KUA Kretek) - Kantor Urusan Agama Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul melaksanakan kegiatan Pembinaan mental calon Jamaah Haji tahun 2021, Selasa (22/9) bertempat di Rumah Makan Joglo lesung Jl. Paris KM.21 Bantul.

Dalam sambutannya, Kepala KUA Kretek Mustafied Amna, S.Ag.,MH selaku ketua panitia menyampaikan bahwa Ibadah Haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan oleh setiap orang Islam yang mampu, baik secara fisik, mental, spiritual, sosial, maupun finansial dan sekali dalam seumur hidup. Kondisi saat ini hendaknya para calon jamaah haji tetap bersabar dan ikhlas karena pemberangkatannya tertunda karena adanya wabah Covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul, H. Aidi Johansyah, S.Ag.,MM selaku nara sumber memberikan suntikan-suntikan semangat kepada para calon jamaah haji agar selalu waspada dan selalu menjaga diri dari virus covid-19 yang saat ini masih mewabah dan senantiasa menambah muraqabah (selalu merasa diawasi Allah SWT) sehingga menambah kedekatan kepada-Nya dengan harapan kita selalu diberikan kesehatan dan kekuatan mental spiritual.

Dalam kesempatan ini Aidi Johansyah juga menyampaikan sosialisasi terkait Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, dihadapan calon jamaah haji yang berjumlah 28 orang. Ada perubahan yang menarik dalam UU ini, yaitu jika jamaah haji telah terdaftar dan tiba-tiba meninggal dunia maka boleh digantikan oleh ahli warisnya. Ini berlaku sejak tanggal 29 April 2019, jelasnya.

Kegiatan Pembinaan mental ini sengaja dibatasi jumlahnya yang hadir, agar tidak terjadi kerumunan yang berlebihan dan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, masing-masing peserta sebelum memasuki ruangan dilakukan pengukuran suhu tubuh, mencuci tangan dengan air dan sabun/hand sanitizer, menggunakan masker serta mengatur jarak duduk antar peserta yang telah ditentukan oleh panitia.

Nara sumber kedua, dr. Maria Ulfah dari RS RCTI Pleret Bantul, menyampaikan agar calon jamaah haji mulai saat ini samapi dengan pelaksanaan ibadah haji nantinya, hendaknya selalu bisa menjaga kesehatan tubuh dengan selalu makan makanan yang seimbang gizinya, makan sehari 3x dengan menu yang bergizi dan mampu meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh sebagaimana peribahasa menyebutkan mensana in corpore sano (di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat). (Nurudin)