Lompat ke isi utama
x
Kepala Kantor Kemenag Bantul Drs. H. Buchori Muslim, M.Pd.I menyampaikan materi

Sarasehan Umat Beragama Kabupaten Bantul Bangun Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Bantul (Kemenag Bantul) - Sebagai sarana silaturrahmi dan dialog umat beragama, penguatan peran tokoh agama dalam memelihara kerukunan antar umat beragama, serta sebagai langkah antisipasi terhadap timbulnya konflik antar umat beragama di Kabupaten Bantul, Kamis (25/4) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul menggelar sarasehan kerukunan umat beragama bertempat di pendopo Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul.

Pranata Humas Kantor Kemenag Bantul H. Ponijo, S.Ag., M.Pd.I selaku panitia penyelenggara melaporkan sarasehan diikuti seluruh perwakilan tokoh lintas agama di Kabupaten mengambil tema membangun kerukunan umat beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, disampaikan oleh narasumber Kepala Kantor Kemenag Bantul Drs. H. Buchori Muslim, M.Pd.I dan pengurus FKUB Kabupaten Bantul Drs. H. Saebani, MA. M.Pd.

Sarasehan yang dipandu moderator H. Basori, S.Ag., MA mengemuka untuk menjaga kerukunan umat beragama perlu adanya kesadaran mengamalkan ajaran agama masing-masing penuh rasa tanggungjawab yang aplikatif, perlu dikembangkan sikap setuju dalam perbedaan dalam menangkap perubahan jaman yang plural, tumbuhnya kesadaran rasa persatuan dan kesatuan yang dibingkai dengan pancasila, serta saling hormat-menghormati dalam pengamalan ajaran agama masing-masing.

Untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa diperlukan peran tokoh agama dan tokoh masyarakat dengan memberikan keteladanan dari para pimpinan baik formal/non formal, tokoh agama sebagai motor kehidupan senantiasa menanamkan kepekaan ukhuwah, menjalin persaudaraan sesama umat manusia. (Jojo)