Lompat ke isi utama
x
Silaturrahmi

Silaturrahmi Ketua PA Bantul Bangun Sinergitas Dengan Kantor Kemenag

Bantul (Kankemenag) - Ketua Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Bantul Drs. H. Sarnidi, SH., MH, Kamis (10/9) bersilaturrahmi ke Kantor Kemenag Bantul yang diterima langsung Kepala Kantor H. Aidi Johansyah, S.Ag., MM di ruang kerjanya, didampingi Pranata Humas. Sarnidi memperkenalkan diri setelah menduduki jabatan Ketua PA Kabupaten Bantul sebulan lalu, yang sebelumnya menjabat Ketua PA Bengkulu.

Pria kelahiran Medan ini mengutarakan disamping ingin kenal lebih dekat dengan kepala kantor juga ingin menjalin sinergitas antara Kantor Kemenag dengan PA. "Dengan jajaran Kantor Kemenag saya merasa seperti keluarga sendiri, karena dulu antara Kemenag dan PA pernah satu atap. Kami siap bersinergi melaksanakan program bersama, umpama melakukan pendataan pasangan suami isteri yang tidak mempunyai akta nikah atau belum tercatat pernikahannya di kantor urusan agama, yang seterusnya akan kita laksanakan isbat nikah. Hal ini penting dilakukan karena akta nikah sangat berguna bagi jemaah haji dalam pembuatan paspor, juga bagi anak untuk membuat akta lahir", ujar Sarnidi.

Sarnidi juga mengemukakan bahwa kasus perceraian dan permohonan dispensasi usia menikah di PA Bantul trennya terus meningkat. Untuk pencegahan terjadinya perceraian antara PA dan Kemenag bisa melakukan pembinaan bersama-sama dalam upaya pelestarian perkawinan.

Aidi Johansyah sangat senang dan menyambut dengan baik kehadiran Ketua PA Bantul. "Semoga silaturrahmi ini akan terus berlanjut di masa-masa mendatang, tidak menutup kemungkinan program kegiatan antara Kemenag dengan PA bisa disinergikan, sehingga upaya pencegahan perceraian melalui Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) bisa terwujud", katanya. (Jojo)