Lompat ke isi utama
x
Tari rampo MAN 2 Bantul

Tari Rampo MAN 2 Bantul Unjuk Tampil di Launching Pusaka Sakinah

Bantul (MAN 2 Bantul)- MAN 2 Bantul mewakili madrasah di DIY untuk menampilkan bakat siswa dalam Launching Pusaka, gerakan moderasi beragama berbasis keluarga dan Kampung Zakat Wakaf. Acara ini juga menampilkan bakat-bakat siswa siswi madrasah di bawah Kementerian Agama Kabupaten Bantul.

Acara yang dihadiri langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ini dilaksanakan pada Kamis (12/9) di gedung induk lantai 3 Oemda Bantul tepat pukul 09.00 WIB. Tari Rampo MAN 2 Bantul yang sudah sering tampil dalam beberapa even di tingkat provinsi maupun nasional terhihat apik dan kompak dalam penampilan.

Sempat terlihat tidak percaya diri dalam gladi bersih, akhirnya siswa-siswi MAN 2 Bantul ini dapat menghibur hadirin yang merupakan perwakilan dari beberapa kepala Kantor Urusan Agama se-Indonesia, tandas Muhammad Masrusi, S.Pd.I Wakil Kepala bidang Humas MAN 2 Bantul.

Isti Wahyuni, SE. MM Kepala Tata Usaha MAN 2 Bantul yang mendampingi dalam acara menyampaikan bahwa, “tari rampo ini tujuannya adalah untuk mengenalkan kepada seluruh hadirin tentang budaya Indonsia. Kemudian budaya tari daerah ini harus terus dilestarikan dan diajarkan kepada anak didik kita”.

Tari yang dibimbing oleh alumni MAN 2 Bantul Belinda Andriani ini sudah diajarkan sejak tahun 2013 oleh alumni MAN 2 Bantul Hanif Alfian. Siswa-siswi yang tergabung dalam tari rampo ini merupakan siswa-siswi terpilih dan bahkan kostum yang dikenakan merupakan karya dari siswa-siswi MAN 2 Bantul sendiri melalui mata pelajaran keterampilan tata busana.

Tari Rampo yang merupakan tarian budaya dari provinsi Nanggroe Aceh Darussalam merupakan salah satu ektrakurikuler yang diajarkan di MAN 2 Bantul. Madrasah mengutus 16 siswa-siswi yang terdiri dari siswa kelas 11 dan 12. 16 siswa tersebut adalah Rokhimatul Mustafidah, Nurhayati, Rani Lukisti, Afny Kusfebryana, Eni Yuli, Vixriy Nur Aminah, Widya Ratnasari, Yuventia, Anis Nur Cahyaningsih, Novanezha, Safrida Ari, Rizka KA, Septina Nur, Cahya Nur J sebagai penari. Ditambah dengan 1 penyanyi Anggi Febri dan 1 penabuh Edy Sutrimo. (AFA)