Lompat ke isi utama
x
Dikmad

Tingkatkan Mutu Pendidikan Seksi Dikmad Adakan Pembekalan Teknik Penyusunan Soal Ujian Madrasah

Bantul (Kankemenag) - Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul, Rabu (3/3) menyelenggarakan Pembekalan Teknik Penyusunan Ujian Madrasah. Hadir dalam acara tersebut Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul Jauhar Mukhlis Salistyanta,S.Ag. dan sebagai narasumber Hj.Anita Isdarmini, S.Pd.,M.Hum. Kasi Kurikulum Kanwil Kementerian Agama DIY serta Drs.H.Mugiyanto, MPd. Pengawas Madrasah. Acara bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul.

Jauhar Muhklis dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 40 orang Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum MTs dan MA serta 40 orang guru MI klas VI se-Kabupaten Bantul. Acara ini sebagai ajang untuk menyampaikan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 781 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) di Madrasah. “Tujuan penyusunan juknis ini untuk memberikan pemahaman kepada guru madrasah tentang penyusunan soal HOTS, mengembangkan ketrampilan guru madrasah untuk menyusun butir soal HOTS, serta menjadi rujukan dalam penyusunan soal di madrasah”. Pungkasnya.

Anita menyampaikan bahwa petunjuk teknis penyusunan soal HOTS terdiri dari konsep penilaian, penyusunan kisi-kisi, penyusunan soal HOTS, dan teknis penulisan soal. Teknis Penyusunan soal HOTS ditujukan kepada guru madrasah, kepala madrasah, pengawas madrasah, dan pengambil kebijakan dalam penilaian pembelajaran madrasah. (Trb)